Mengapa dukungan tandang keras Manchester United habis saat melawan Porto

Manchester United hanya memenangkan satu dari 10 pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa dan tidak satu pun dari lima pertandingan tandang terakhir mereka. Namun setiap pertandingan tandang terus terjual habis, dengan Porto untuk pertandingan grup Liga Europa hari Kamis menjadi yang terbaru mengalami kelebihan permintaan.

Namun ada beberapa kursi kosong di bagian tandang yang berkapasitas 2.500 orang karena fans yang memiliki tiket tidak bisa masuk ke stadion. Alih-alih menghabiskan satu hari di tepi Sungai Douro, 180 penggemar dalam perjalanan resmi klub menghabiskan hari itu di dalam Bandara Manchester sebelum perjalanan mereka dibatalkan.

Kami berbicara dengan beberapa orang yang tertinggal. “Kami bangun pukul 4.30 pagi dan berada di Bandara Manchester untuk check in pada pukul 6 pagi,” jelas Jon Neild, yang bepergian bersama putranya Alex, 17, yang terkenal di kalangan basis penggemar United. Casemiro telah melihat Alex pada latihan pramusim di Los Angeles pada bulan Juli dan mendorong kursi roda remaja tersebut ke pemain lainnya sehingga Alex dapat menemui mereka.

Perjalanan resmi United – yang dijalankan oleh mitra bernama Sportsbreaks – cenderung lebih mahal dibandingkan perjalanan mandiri, namun perjalanan tersebut menawarkan kenyamanan perjalanan sehari yang hanya membutuhkan satu hari libur kerja. Ini juga termasuk keamanan dan transfer. Pesawat sewaan juga sulit didapat pada saat ini, ketika orang masih menikmati matahari Mediterania.

Meskipun United tidak melakukan perjalanan untuk setiap pertandingan, ada penggemar yang melakukan perjalanan dengan perjalanan yang tidak pernah mereka lewatkan selama bertahun-tahun.

“Semuanya tampak baik-baik saja, meskipun kami melihat ada penundaan selama 15 menit dalam penerbangan,” kata Neild Snr. “Kami cenderung memesan melalui Sportsbreaks karena mencakup semuanya. Dan, terutama bepergian dengan Alex dan kebutuhan tambahannya, mereka mengatur segalanya. Itu sebabnya kami menggunakan perjalanan resmi klub. Ada keamanan di sana, semua orang mengenal Alex dan biasanya itu brilian.

“Akan sulit jika Anda melakukan perjalanan secara mandiri pada hari pertandingan, jadi kami mengapresiasi jika klub mengatur perjalanan tersebut. Kami memesan perjalanan kami sendiri ke Bayern Munich tahun lalu tetapi penerbangan terlambat dan kami melewatkan pertandingan tim yunior.

“Semangatnya tinggi sebelum penerbangan ke Porto. Kami berkemah di sebuah restoran Italia. Kami menyebut diri kami ‘Terminal 2 bandara Merah’. Lalu kami diberitahu ada masalah dengan penerbangan masuk dari Roma, ada kesulitan teknis. Tidak ada yang pernah mendengar tentang maskapai penerbangan yang seharusnya menggunakan — AlbaStar.”

Alex dan Jon Neild (dari kiri) dan teman-teman di bandara Manchester (Jon Neild)

AlbaStar adalah perusahaan charter Spanyol dengan lima pesawat di armadanya. Ulasan online tentang perusahaan tersebut buruk — peringkatnya hanya 1,8 dari lima di Trustpilot — tetapi peringkat tersebut serupa dengan peringkat banyak maskapai penerbangan hemat.

Pada pukul 7.06 pagi, fans yang telah melewati keamanan satu jam sebelumnya menerima pesan dari Sportsbreaks yang berbunyi: “Kami mohon maaf untuk memberitahukan bahwa penerbangan keluar Anda ke Porto tertunda secara signifikan karena masalah teknis. Kami telah diyakinkan bahwa pesawat akan segera berangkat dari tujuannya saat ini di Roma. Namun hal ini akan menyebabkan tertundanya waktu keberangkatan kita. Silakan lanjutkan memeriksa papan keberangkatan.”

Dua jam kemudian, penggemar menerima pesan lain.

“Kami bekerja keras dengan maskapai untuk mendapatkan waktu keberangkatan yang pasti dari Manchester. Namun, saat ini pukul 09:00 kami belum mendapatkan informasi terbaru mengenai perkiraan waktu keberangkatan.”

Pada pukul 09.43 pagi, penggemar menerima pesan lain.

“Waktu Keberangkatan yang Dikonfirmasi: 14:30. Waktu Kedatangan yang Dikonfirmasi: 16:50. Kami menyadari ini adalah penundaan yang signifikan pada rencana perjalanan Anda, dan sebagian besar waktu Anda hari ini dihabiskan di Bandara Manchester. Segera setelah Anda tiba di Porto, transfer bus akan mengantar Anda ke stadion.”

Voucher makanan dan minuman (tanpa alkohol) diberikan kepada mereka yang terkena dampak.

Sebuah email juga dikirim dari Sportsbreaks yang meminta maaf dan mengatakan bahwa penggemar, berdasarkan hukum UE, dapat mengajukan klaim kepada maskapai penerbangan untuk kompensasi penundaan penerbangan. Sportsbreaks juga mengatakan mereka akan memproses “pengembalian dana 50 persen dari nilai pemesanan Anda. Ini akan menjadi 50 persen dari biaya perjalanan resmi sebesar £489, dengan total nilai pengembalian dana sebesar £244,50.”

Pada pukul 13:49, penggemar menerima pesan yang mengatakan: “*Pembaruan Penting*. Penerbangan AP1641 MAN — OPO. Silakan menuju gerbang keberangkatan B5. Terima kasih banyak. Istirahat olahraga.”

Fans kemudian dibawa dengan bus ke pesawat AlbaStar 737 di bagian yang jauh dari bandara. “Kami memperkirakan bahwa jam 3 sore adalah batas akhir untuk melakukan kick-off,” kata Neild. “Kami duduk di pesawat dengan perkiraan keberangkatan pukul 14.45 dan mengira pesawat sudah menyala. Setelah jam 3 sore, kami diberitahu bahwa mereka kesulitan mendapatkan tempat untuk berangkat dari Manchester dari pengatur lalu lintas udara.”

“Mereka mendapatkan pesawat yang terbang dari Italia,” jelas Mathew Ratcliffe, yang membawa putranya yang berusia 12 tahun, Eric (dinamai menurut Cantona), dalam perjalanan tandang Eropa pertamanya. “Seharusnya mendarat pada pukul 13.45 dan berangkat bersama kami pada pukul 14.30. Mereka memberi tahu kami di bandara bahwa keberangkatan pukul 15.30 dihentikan untuk membawa kami ke Porto, melalui bea cukai dan naik bus ke darat.

“Kami naik ke pesawat pada pukul 14.55 dan menjalani semua pemeriksaan keselamatan seperti biasa. Pada pukul 15.20, pilot mengumumkan bahwa kami tidak dapat mendapatkan slot selama 30 menit hingga pukul 15.45. Banyak yang memutuskan untuk turun dari pesawat, namun membawa langkah berarti kehilangan slot tunggu, jadi jika ada yang turun, seluruh perjalanan akan dibatalkan.

“Mereka mendapat slot lepas landas tetapi tidak bisa mendapatkan slot di Porto untuk mendarat karena cuaca selama 30 menit berikutnya, yang berarti lepas landas pada pukul 16.15. Saya menghabiskan lebih dari sembilan jam di bandara dan 90 menit di pesawat yang tidak bergerak.”

Beberapa fans Manchester United yang berhasil mencapai Dragao (Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)

Pada jam 5 sore, Manchester United mengirimkan pesan kepada para penggemar.

“Kami menyesal mendengar perjalanan Anda dengan Sportsbreaks.com dibatalkan hari ini. Sebagai tanda niat baik, minggu depan kami akan mengirimkan Anda tiket gratis ke pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Bodo/Glimt (28 Nov). Terima kasih seperti biasa atas dukungan Anda yang tiada henti, yang sangat kami hargai — Anda tetap akan menerima kredit untuk game ini.”

Eliot Hawkins berada di pesawat bersama ayahnya.

“Hal yang paling membuat saya frustrasi adalah, karena saya adalah anggota dan bukan pemegang tiket musiman, tiket pertandingan (di Inggris) sangat terbatas.” Ada ruang untuk Hawkins dan ayahnya di pesawat menuju Portugal. Bukan berarti mereka sampai di sana.

Segera setelah itu, Sportsbreaks mengirim email permintaan maaf. Jon dan Alex tiba di rumah 14 jam setelah berangkat untuk perjalanan sehari ke Bandara Manchester.

Atletik menghubungi AlbaStar pada hari Kamis untuk memberikan komentar dan belum mendapat tanggapan. Atletik menghubungi Sportsbreaks pada Jumat sore, ketika kami juga meminta komentar dari Manchester United. Juru bicara klub segera menjawab dengan mengatakan: “Manchester United sangat menyesal atas kekecewaan yang dialami para penggemar yang terkena dampaknya. Mereka akan menerima pengembalian dana penuh dari mitra perjalanan kami Sportsbreaks.com, dan sebagai ucapan terima kasih atas dukungan mereka yang berkelanjutan, tiket gratis dari klub untuk pertandingan kandang Liga Europa melawan Bodo/Glimt.”

Kisah pembatalan penerbangan menyebar pada hari Kamis, namun sejumlah fans United lainnya yang mencoba pergi ke Porto juga tidak berhasil. Dengan lebih sedikit penerbangan langsung ke kota kedua di Portugal dibandingkan, katakanlah, Munich, Istanbul atau Kopenhagen tempat United memainkan pertandingan Eropa musim lalu, koneksi diperlukan dan banyak yang tidak tersambung.

Andy Valentine berangkat dari Manchester sehari sebelum pertandingan.

“Kami berangkat pada hari Selasa dari Manchester, terbang ke Barcelona pada jam 9 malam untuk melanjutkan perjalanan,” katanya. “Penerbangannya tertunda dan tertunda. Pada jam 1 pagi mereka menaiki kami – naik pesawat memakan waktu satu jam. Kemudian mereka menyuruh kami semua kembali ke terminal. Maka tidak ada informasi lebih dari itu. Kami tidur di lantai di Manchester.

“Kami kemudian naik penerbangan ke Barcelona pada pukul 7.30 pagi. Kami ketinggalan penerbangan lanjutan ke Porto dan maskapai penerbangan tidak meneruskan penerbangan lain untuk kami. Kami membeli tiket baru seharga €220 (£184; $241) masing-masing ke Porto dan menjalani satu hari di Barcelona. Pada jam 9 malam kami seharusnya terbang. Kami duduk di pesawat selama satu jam sebelum mereka memberi tahu kami bahwa kami akan pergi ke Lisbon karena mereka tidak dapat mendarat di Porto. Kabut. Pelatih akan ditugaskan untuk kami dari Lisbon hingga Porto.

“Saat boarding selesai, kapten berkata: ‘Ini adalah penerbangan singkat ke Santiago de Compostela’. Semua orang saling memandang dengan bingung. Kami tiba di sana pada tengah malam tetapi tidak ada seorang pun di bandara yang memberi kami kabar. Kami diberi harga €500 untuk pergi ke Porto dengan taksi dan beberapa penggemar lain membayarnya. Kami tinggal di bandara Santiago – malam kedua di lantai.

“Setelah tidur beberapa jam, kami memikirkan cara menuju Porto ketika penerbangan yang dialihkan dari Belfast tiba. Banyak penggemar United yang ikut serta. Para penggemar itu kembali ke pesawat, bersiap untuk melanjutkan ke Porto. Kami tidak diizinkan naik karena kami awalnya tidak memesan penerbangan itu. Mereka berubah pikiran, membiarkan kami berangkat dan kami terbang — selama 15 menit — ke Porto pada jam 7 pagi pada hari pertandingan. Sesampainya di sana, kami tidur dua jam; kami tidur tujuh jam dalam tiga malam.

“Apa yang saya pelajari dari seluruh pengalaman ini adalah bahwa lantai beton bandara tidak baik untuk tidur.”

Andre Onana memberikan tepuk tangan kepada fans Manchester United pada pertandingan tersebut (Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images)

David Pye, dari Stretford, adalah salah satu dari mereka. “Kami seharusnya menerbangkan Manchester ke Porto melalui Paris pada hari Rabu. Segera setelah pintu penerbangan ke Paris ditutup, semua orang mendapat pesan teks yang mengatakan bahwa penerbangan Paris ke Porto dibatalkan. Maskapai penerbangan menyortir kami hotel di Paris berdasarkan bandara.”

Perjalanan pulang Pye juga tertunda dan dia tiba kembali pada hari Sabtu pukul 5 pagi – terlambat lima jam. Panny, penggemar lain yang melakukan perjalanan pulang dan pergi bersama United, tidak keluar dari Paris saat keluar. Dia mencoba dan gagal mendapatkan koneksi ke Porto pada hari pertandingan.

Atletik berbicara dengan banyak penggemar lain yang mengalami penundaan parah dan harus membeli penerbangan baru. Ada yang sampai ke Porto, ada pula yang sampai ke kota-kota Eropa lainnya sebelum kehabisan waktu.

Ada beberapa hal positif. Tiket di bagian United hanya berharga €40 berkat UEFA yang mendengarkan kelompok pendukung seperti Football Supporters Europe (FSE) dan menerapkan perubahan. Harganya akan diturunkan musim depan menjadi €35 di Liga Europa dan €50 untuk Liga Champions. Penggemar United sering dikenakan biaya antara €75-119 pada perjalanan sebelumnya ke Iberia.

Permainannya juga tidak buruk — setidaknya untuk pemain netral. Bukan berarti salah satu penggemar perjalanan akan digambarkan seperti itu.

Banyaknya awan di Porto mungkin memiliki hikmah bagi para penggemar yang melewatkannya. Meskipun tidak ada penggemar yang hanya menonton pertandingan tersebut, masih belum ada kemenangan di Eropa – meskipun Harry Maguire memastikan itu bukan kekalahan total.

(Foto teratas: Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)