Pangeran Harry telah menggugat Surat Kabar Grup Berita atas tuduhan kegiatan ilegal

London:

Tabloid Inggris milik Rupert Murdoch menyadap telepon rumah Pangeran Harry dan mengakses pesan pager mendiang ibunya, Putri Diana, kata tim hukum kerajaan Inggris kepada Pengadilan Tinggi London pada hari Kamis.

Harry, putra bungsu Raja Charles dan mendiang Putri Diana, serta lebih dari 40 orang lainnya menggugat News Group Newspapers (NGN) atas tuduhan jurnalis dan penyelidik swasta atas aktivitas melanggar hukum di surat kabar tabloid The Sun dan News of Berita. . di dunia dari pertengahan 1990an hingga 2016

Dalam keputusannya pada bulan Juli lalu, Hakim Timothy Fancourt mengatakan Harry dapat membawa klaim pengumpulan informasi ilegalnya ke pengadilan, namun klaim peretasan ponselnya yang sudah berlangsung puluhan tahun ditolak karena terlambat diajukan.

Selama sidang Pengadilan Tinggi pada hari Kamis, pengacara Harry berusaha untuk mengubah gugatannya sehubungan dengan keputusan tersebut dan menambahkan dakwaan baru lainnya.

Ini termasuk klaim lebih lanjut bahwa The Sun memerintahkan penyelidik swasta untuk menargetkan pacarnya dan sekarang istrinya Meghan pada tahun 2016, dan tuduhan penyadapan percakapannya secara luas.

“Penggugat juga mengajukan gugatan dan mencari keringanan sehubungan dengan intersepsi panggilan dari telepon rumah, intersepsi panggilan dari telepon nirkabel dan panggilan seluler analog, dan intersepsi pesan suara dari telepon rumah, yang berbeda dengan peretasan telepon,” kata pengacaranya dalam dokumen pengadilan.

Klaim tersebut juga mencakup tuduhan bahwa Diana “berada di bawah pengawasan ketat dan percakapannya disadap secara tidak sah oleh (NGN), yang diketahui oleh editor dan manajemen seniornya.”

NGN menentang penambahan apa yang disebutnya sebagai “sejumlah besar tuntutan baru” karena sejumlah alasan, termasuk karena tuntutan tersebut terlambat diajukan, kurangnya bukti, dan terkait dengan klaim peretasan telepon yang telah disangkal.

“Hal tersebut menyangkut periode di luar cakupan pembelaan saat ini dan pembelaan umum, dan dalam banyak kasus berkaitan dengan tuduhan yang telah dipublikasikan secara luas selama 30 tahun,” kata pengacara NGN dalam pengajuan pengadilan.

Pada tahun 2011, NGN meminta maaf atas peretasan telepon yang meluas oleh jurnalis dari surat kabar News of the World, yang ditutup oleh Murdoch setelah mendapat reaksi keras dari publik. NGN telah menyelesaikan lebih dari 1.300 klaim, namun grup tersebut selalu membantah tuduhan adanya kesalahan yang dilakukan oleh karyawan Sun.

Pada hari Rabu, pengacara Harry dan penggugat lainnya mengatakan kepada pengadilan bahwa Murdoch dan eksekutif senior lainnya terlibat dalam menutupi pelanggaran yang meluas dan memberikan bukti palsu di pengadilan, parlemen, dan pada penyelidikan publik.

NGN mengatakan beberapa penggugat hanya menggunakan tuntutan hukum tersebut, yang dijadwalkan untuk diadili pada bulan Januari mendatang, sebagai cara untuk menyerang pers tabloid dan bahwa tuduhan terhadap karyawan saat ini dan mantan karyawannya merupakan “serangan yang kasar dan sinis terhadap integritas mereka.”

Sejak mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada tahun 2020 dan pindah ke California, Harry fokus memerangi pers Inggris, yang dia yakini telah mencampuri kehidupan pribadinya sejak kecil, menyebarkan kebohongan tentang dirinya dan orang yang dicintainya.

Pada bulan Desember, ia memenangkan gugatan terhadap Surat Kabar Mirror Group atas tuduhan peretasan telepon dan aktivitas ilegal, dengan hakim setuju bahwa tokoh-tokoh senior mengetahui apa yang terjadi.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

Menunggu menjawab memuat…

Sumber